rumah limas

Rumh Limas memiliki beberapa ruangan, diantaranya adalah ruang tidur yang terdiri dari pangken keputren (kamar anak perempuan), pangken keputran (kamar anak laki-laki), ruang anak menantu, ruang kepala keluarga, ruang keluarga dan dapur. Pangkeng Penganten, (bilik tidur) terdapat dinding rumah, baik dikanan maupun dikiri. Untuk memasuki bilik atau Pangkeng ini, kita harus melalui dampar (kotak) yang terletak di pintu yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan rumah tangga. Pada bagian belakang terdiri dari Dapur atau pawon, Ruang Pelimpahan, dan Ruang Hias/Toilet. Pembagian ruang secara fisik berfungsi batasan aktivitas yang berlangsung di rumah berdasarkan tingkat keprivasiannya.
Rumah limas dibangun berbentuk panggung dengan disangga oleh sedikitnya 32 tiang penyangga, dengan ketinggian mencapai 3 meter. Untuk naik ke rumah limas dipergunakan tangga yang biasanya terdapat di sebelah kiri dan kanan bangunan. Bagian teras rumah biasanya dikelilingi pagar kayu berjeruji yang disebut tenggalung. Makna filosofis dibalik pagar kayu itu adalah untuk menahansupaya anak perempuan tidak keluar rumah.
Rumah limas kebanyakan dibangun dengan luas sekitar 400 sampai 1000 meter persegi. Selain di Sumatera Selatan, rumah limas juga terdapat di Johor, Selangor dan Terengganu Malaysia. Kebanyakan rumah limas Johor memiliki kolong yang dipagar yang fungsinya untuk tempat menyimpan barang. Rumah limas seperti ini biasanya dikenal sebagai rumah baju kurung.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.